Jishuken

Tetap Semangat !!!!! Pasti Bisa !!!!!!!

5S Filosofi

leave a comment »

5S adalah filsafat dan salah satu cara untuk mengatur dan mengelola kerja dan alur kerja. Ada sasaran untuk meningkatkan efisiensi dengan menghilangkan limbah, meningkatkan arus, Meningkatkan keamanan dan mengurangi proses unreasonableness (meningkatkan profitabilitas). Ini merupakan bagian dari Kaizen – suatu sistem perbaikan yang berkelanjutan – yang merupakan komponen bersandar manufaktur

1. Seiri (整理) Ringkas : Pada tPlant dan daerah, dengan tetap hanya penting item. Materials/Bahan, alat-alat, peralatan dan perlengkapan yang tidak sering digunakan harus pindah ke daerah yang terpisah, tempat penyimpanan umum. Item yang tidak digunakan harus dibuang. Jangan pernah menyimpan sesuatu di sekitar mereka hanya karena mungkin digunakan, someday. Objective: Untuk memastikan wilayah kerja bersih, terlihat bagus dan mudah untuk tempat pemeliharaan kebutuhan seperti minyak bocor. Meningkatkan keselamatan. Menghilangkan kekacauan dan kebingungan. Menghapus alat, peralatan, perlengkapan dan limbah yang interferes dengan mendapatkan pekerjaan yang dilakukan

2. Seiton (整顿) Rapi atau di Tetapkan Urutan: berfokus pada efisiensi Organisasi sistematis.  Memastikan semuanya berada di tempat yang tepat dan mudah dicapai (jelas dan berlabel). Ini mempromosikan pentingnya baik pelabelan dan identifikasi practices. Contoh: a. Tempat penyimpanan, lemari dan rak harus diberi label dengan benar. b. Bersih dan cat lantai untuk memudahkan spot kotoran, sampah dan bahan-bahan dan alat-alat bagian menurun. c. Garis besar daerah di lantai untuk mengidentifikasi wilayah kerja, gerakan Lanes, penyimpanan daerah, selesai produk daerah, dll. d. Menempatkan bayangan pada alat papan, sehingga mudah untuk melihat dengan cepat di mana setiap alat milik. e. Menyediakan rak buku yang sering digunakan untuk manual, buku dan katalog. Label pada rak-rak dan buku-buku sehingga mudah untuk mengidentifikasi mereka dan kembali ke tempat yang tepat. Objektif: Sebuah tempat untuk semua dan semuanya pada tempatnya, dengan segala benar diidentifikasi dan diberi label.

3. Seisō (清扫) Resik : Pembersihan sistematis atau kebutuhan untuk memelihara kerja bersih serta rapi. Adalah mempertahankan kebiasaan untuk memastikan semua item yang terorganisasi dengan baik, rapi dan bersih. Seharusnya menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari – yang kadang-kadang tidak melakukan aktivitas bila hal terlalu perlu. Misalnya, semuanya akan kembali ke jalan itu. Hal ini bisa juga dibayangkan sebagai memeriksa. Sedangkan pembersihan dengan cara yang mudah juga untuk memeriksa mesin-mesin, peralatan, perlengkapan dan peralatan Anda bekerja dengan. Objektif: Regular pembersihan dan inspeksi memudahkan spot pelumas kebocoran, peralatan misalignment, kerusakan, hilang dan alat rendah tingkat persediaan. Masalah dapat diidentifikasi dan bila mereka tetap kecil. Jika ini masalah kecil tidak dialamatkan saat kecil, mereka dapat menyebabkan kegagalan peralatan, keluar dari rencana  atau panjang – yg tak – sambil menunggu pasokan baru akan dikirimkan. Setelah selesai pada biasa, sering dasar, membersihkan dan memeriksa umumnya tidak akan mengambil banyak waktu, dan dalam jangka panjang kemungkinan besar akan menghemat waktu.

4. Seiketsu (清洁) Rawat : standar praktek kerja atau operasi dalam mode standar dan konsisten. Semua orang tahu apa-nya adalah tanggung jawab untuk menjaga di atas 3S’s. Salah satu langkah yang paling sulit adalah menghindari kebiasaan lama bekerja. Sangat mudah untuk tergelincir kembali ke dalam apa yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Itulah yang terkenal dengan semua orang.  Ia merasa nyaman. Menggunakan standar untuk membantu orang bekerja menjadi kebiasaan baru yang merupakan bagian dari program anda Lima S. Apapun cara yang mudah untuk membuat orang sadar, dan mengingatkan mereka tentang standar adalah menggunakan label, tanda, poster dan spanduk.

5. Shitsuke (躾) Rajin : merujuk kepada menjaga dan memeriksa standar. Setelah sebelumnya dari 4S telah dibentuk, mereka menjadi cara baru untuk beroperasi. Mempertahankan fokus pada cara baru ini beroperasi, dan tidak membiarkan sebuah bertahap menolak kembali ke jalan yang lama beroperasi. Namun, ketika muncul masalah seperti yang disarankan perbaikan, baru cara kerja, sebuah tool baru atau keluaran baru syarat, maka review yang pertama 4S dari kesesuaian.

Langkah terakhir adalah untuk terus mempertahankan dan pelatihan standar. Memiliki sistem formal untuk memantau hasil dari Lima S program. Jangan berharap bahwa Anda dapat membersihkan, mendapatkan hal-hal yang disusun dan diberi label, dan meminta masyarakat untuk membersihkan dan memeriksa daerah mereka setiap hari – dan kemudian ada semuanya terus terjadi tanpa ada tindak lanjut. Terus mendidik masyarakat tentang menjaga standar. Ketika ada perubahan – seperti alat-alat baru, produk baru, baru bekerja aturan – efek yang akan Anda buat program 5S dan penyesuaian untuk mengakomodasi perubahan, membuat perubahan yang diperlukan dalam standar dan memberikan pelatihan yang mereka perubahan alamat. Menggunakan 5s Poster dan ayat: Cara yang baik untuk melanjutkan pendidikan karyawan, dan untuk menjaga standar, adalah dengan menggunakan poster dan tanda-tanda 5s. Anda dapat membuat kustom 5S poster, yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan informasi spesifik yang perlu disampaikan pada setiap lokasi. Mengubah kebiasaan bekerja bisa sulit, dan mudah untuk kembali ke dalam slip melakukan sesuatu yang lama, nyaman, jalan. Menggunakan kustom 5S poster untuk mengingatkan karyawan prosedur yang benar, dan keuntungan yang datang dari mengikuti 5s plan. Ide ini sebagai langkah mempertahankan keunggulan Anda memperoleh dari Lima S program. Keenam tahap “Keamanan” kadang-kadang tambahnya.  Namun, ia menyatakan bahwa tidak perlu menambahkan sejak 5S berikut dengan benar akan menghasilkan lingkungan kerja yang aman.

Written by jishuken

April 6, 2009 pada 4:43 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: